Bukittinggi City

Jumat, 15 Oktober 2010

Tips dan Trik Ujian

1. Belajar Kelompok
 Akan lebih menyenangkan jika belajar kelompoknya dipandu oleh orang yang pandai dan rajin agar yang tidak pandai ketularan pintar, dan juga alangkah baiknya didampingi oleh orang dewasa supaya belajar tidak berubah menjadi bermain.
2. Membuat Inti Sari
 Setelah pulang sekolah atau perkuliahan, bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya diringkas lagi dan dibuat di buku kecil supaya mudah dibawa kemana-mana.
3. Rencana yang Matang
 Untuk mencapai suatu yang baik harus diiringi oleh rencana yang baik juga. Targetkan nilai atau IPK tiap semester naik. Jangan menargetkan yang terlampau tinggi. Ukur dulu kemampuan yang dimiliki.
4. Disiplin
 Belajar harus tepat waktu dan serius, tidak sambil main-main, dan dengan konsentrasi penuh. Jika waktunya istirahat, sholat, dan makan, jangan ditunda-tunda. Kemudian lanjutkan belajar, setelah melakukan isoma tadi. Jika bermain game, bermainlah game yang ringan dan tidak bersifat petualangan yang akan membuat rasa penasaran tinggi.
5. Aktif
 Aktif disini adalah aktif bertanya dan ditanya. Bertanya jika tidak tahu, ditanya harus dijawab. Dengan metode ini, akan semakin ingat dan tidak akan mudah lupa apa yang dipelajari.
6. Serius dan Tekun
 Ketika belajar di kelas, catat yang penting-penting saja dari guru, biasanya catatan penting-penting itulah yang keluar saat ujian. Setelah dicatat hafalkan sambil dipahami jika sudah mantap, tes dengan soal-soal, dari hasil tersebut, pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.
7. Jangan SKS
 Waktu akan ujian banyak mahasiswa belajar sistem kebut semalam. Sebaiknya, pelajaran yang didapat setiap hari, harus diulang secara periodik, supaya mudah diingat. Pada saat akan ujian hindari juga tidur yang tidak tepat waktu, jika begadang semalaman, selain berdampak pada kesehatan juga berdampak pada saat menjawab ujian, sangat fatal sekali
8. Jujur
 Jangan menyontek pada saat ujian karena itu secara tidak sadar akan menumbuhkan sifat curang dan pembohong dan berdampak akan melakukan kecurangan setiap ujian. Jadi, ini juga melihat kemampuan sampai mana akan mengerti dan paham suatu pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar